Hosting Email di Google Apps

Mungkin banyak yang belum tau bahwa Google Apps memberikan layanan hosting email untuk domain kita secara gratis. Ini bukan hal baru sih, –berarti yang baru tau katrok! hehehe. Layanan ini sudah agak lama, saya sendiri sudah memakainya sejak tahun lalu. Lumayan banget untuk yang punya banyak domain dan memegang banyak email, saya tinggal hosting di Google Apps dan arahkan email-email tersebut ke email utama saya. Dan yang penting ga perlu pusing dengan kehabisan space, sebab Google menyediakan space lumayan besar.

Saya dulu tau ini dari Pak Uut. Pertama emang ga langsung nyoba sih, terus baru mulai pakai, waktu sudah mulai banyak pegang banyak domain. Ditambah lagi saya menggunakan tiga komputer bergantian, PC kantor, dan dua notebook, dan aplikasi email client seperti Outlook cukup bikin menyita waktu apalagi kalo sudah berhubungan dengan backup-restorenya. Ditambah lagi aplikasi email seperti Squirrel, halah. Siapa sih yang ga benci dengan aplikasi webmail seperti Squirrel atau Horde.

POP3 GmailBeberapa teman saya bilang ini terlalu ribet. Mungkin tidak semua setuju dengan saya bahwa ini sangat membatu. Mungkin mereka ga pernah megang banyak email. Saya punya dua email utama di Yahoo dan Gmail, selain itu ada sekitar 10 email lagi kebanyakanya di hosting di Google, yang ditarik lewat pop3 ke email utama tadi. Jadi sehari-hari saya hanya perlu buka dua email utama tadi. Tapi sayangnya satu akun Gmail saat ini hanya diperbolehkan sekitar lima POP3.

Jadi buat yang belum tau caranya menghosting email di Google Apps, mari kita coba. Pertama yang perlu dipersiapkan adalah punya nama domain sendiri. Artinya ada akses untuk merubah MX record, yang bisa dilakukan melalui CPanel atau setting DNS pada domain control panel.

Kedua, daftar di Google Apps di sini: http://www.google.com/a/cpanel/domain/new. I want to use an existing domain name. Masukkan nama domain kemudian lanjutkan pendaftaran.

Google Apps requires changes to DNS to properly set up services. Learn more
* I understand that if I cannot alter DNS records for my domain,
I may impact my organization's ability to use Google Apps.

Centang bila setuju. Kemudian lanjutkan proses pendaftaran. Kemudian buat akun Google Apps pertama untuk domain tersebut.

Google Apps DashboardKetiga. Setelah pendaftaran selesai, untuk mengaktifkan diharuskan untuk memverifikasi domain tersebut. Di atas menu Dashboard ada tulisan To activate Google Apps services you must verify that you own your domain.... Cara yang termudah dengan mengupload sebuah file HTML. Sistem akan memberi sebuah kode yang harus ditulis didalam file ‘googlehostedservice.html’. Upload file tersebut dan pastikan dapat diakses di http://namadomain.com/googlehostedservice.html. Selesai kan proses verifikasi domain.

Keempat, aktifkan email pada menu dashboard. Disini akan diarahkan untuk mengubah MX entry domain. Banyak caranya dan itu tergantung pada Control Panel yang dipakai. Untuk yang termudah kita coba untuk CPanel. Setelah login CPanel, klik menu MX entry. Di bawah Change MX Entry pilih domain yang akan dipakai. Buat MX entry atau bila MX sudah ada, maka tinggal diedit saja. Isinya sebagai berikut:

priority 0
destination aspmx.l.google.com

Kalo perlu tambahkan satu lagi.

priority 10
destination alt1.aspmx.l.google.com

Perubahan ini kadang memerlukan waktu agak lama untuk resolve kadang bisa berjam-jam. Halaman webmail tadi bisa diakses melalui url berikut http://mail.google.com/a/namadomain.com. Supaya gampang di Google apps juga terdapat fitur untu menyetting url webmail tadi misalnya jadi webmail.namadomain.com. Untuk ini harus merubah di CNAME record.

Selanjutnya melakukan setting pada control panel Google Apps. Ini sangat mudah, kamu bisa nambah akun email baru dan mengakses fitur-fitur lainnya seperti Google Docs, Calendar, Chats, dan lain-lainnya. Selamat mencoba.

2 komentar

  1. hello broter dan admin…! beberapa hari yg lalu saya beli domain dan ternyata domain saya itu sebelumnya sudah terdaftar di google apps.. jadi kendala saya saat ini saya tidak bisa daftar google apps karena domain sudah terdaftar.. dan saya sudah hub pihak penjual domain tapi dia juga gak bisa jawab
    Pertanyaan : Gimana caranya agar domain saya di hapus di google apps agar saya nantinya bisa daftar google apps lagi

    terima kasih bila ada yg bisa kasih solusi untuk probelm saya mail sent to : ikofxindonesia.com@gmail.com

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.