Memisahkan folder htdocs dan MySQL data di XAMPP

Saya mengandalkan XAMPP sebagai webserver Apache, PHP dan MySQL. Dan tujuan saya untuk memisahkan folder htdocs dan MySQL data dari XAMPP adalah supaya mudah di-backup, tinggal meng-copy folder tersebut, dan untuk restore tinggal arahkan path-pathnya. Memang agak aneh, tapi saya suka setingan seperti ini.

Kalau dulu saya sering ber-repot-repot meng-install satu-satu Apache, PHP dan MySQL. Ya itu sekalian buat sambil belajar konfigurasi server, jadi lama-lama bisa tau seluk beluk webserver Apache juga. Tapi sekarang untuk development, saya perlu yang instant, maka saya pake XAMPP.

Pertama pastikan Apache & MySQL dalam keadaan stop. Kemudian siapkan folder misalnya D:/webdev/htdocs untuk folder htdocs, dan D:/webdev/mysql-data untuk folder data MySQL.

Kedua, buka dan edit setingan Apache supaya folder htdocs tersebut dapat di akses melalui http://localhost/webdev. Buat alias untuk folder webdev. Buka file berikut C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-xampp.conf. Copy paste setingan beritkut setelah/di dalam line ini.

Alias /webdev "D:/webdev/htdocs/"
    <Directory "D:/webdev/htdocs">
		Options Indexes FollowSymLinks Includes ExecCGI
		AllowOverride All
		Order allow,deny
		Allow from all
    </Directory>

Ketiga, untuk MySQL, copykan data dalam folder berikut C:\xampp\mysql\data ke D:\webdev\mysql-data. Kemudian buka dan edit file berikut C:\xampp\mysql\bin\my.ini, ganti nilai variable berikut datadir, innodb_data_home_dir, dan innodb_log_group_home_dir seperti berikut:

datadir="D:/webdev/mysql-data"
innodb_data_home_dir = "D:/webdev/mysql-data"
innodb_log_group_home_dir = "D:/webdev/mysql-data"

Keempat, buka di browser url http://localhost/webdev. Seharusnya dapat langsung diakses.

Perlu diperhatikan bahwa beberapa aplikasi web perlu di seting ulang untuk pathnya. Yang perlu diubah di config misalnya path yang dulunya C:\xampp\htdocs menjadi D:\webdev\htdocs.

Terbit di Free/Open Source, Iseng, Programming, Tutorial dan ditag , , , , , , , , .

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *