Ayo Belajar!!!

Suatu hari ada seorang teman lama, chatting –mengeluh, katanya dia ingin berlajar, tapi ga bisa. Dia berlasan karena ga ada yang bisa ditanya-tanyain. Huhh?? hari gini? kan ada om gugel dan di forum-forum banyak yang bertanya dan menjawab. Ilmu-ilmu itu bertebaran di Internet. Website-website banyak yang menyediakan tutorial-turorial dan banyak juga yang memanfaatkan Youtube untuk tutorial jenis visual. Ya, tinggal pilih mana yang mau dipelajari, –yang bermanfaat.

Kadang kala kita terlalu manja dan banyak cing-cong, padahal semuanya sudah tersedia di depan hidung, kita hanya perlu tekun dan rajin. Contohnya, kenapa harus menunggu punya sebuah Mac untuk belajar desain grafis? Padahal komputer seadanya cukup untuk memulai banyak hal. Mungkin lain halnya kalau sudah cukup mahir, tapi kenyataannya teman-teman saya yang jago grafik desain sebagian masih ‘ngirit’ pake Windows.

Malulah sama adik-adik kita di kampung yang punya semangat belajar tinggi, -belajar dengan alat tulis seadanya, bersendal jepit di sekolah yang beratapkan langit. Mereka hidup pas-pasan, tapi bahagia, dan mau belajar. Malu kalo kita cukup sarana dan prasarana hanya duduk bermalas-malasan. Contoh lagi, kadang-kadang ngeluh punya komputer pake Windows, tapi mau belajar Linux kerepotan, berharap ingin punya komputer satu lagi untuk diinstal Linux. Eh, setelah punya komputer lagi malah diinstal Windows lagi. Amit-amit deh. Dan ini terjadi sama saya sendiri. Hehehe…

Anyway, untuk yang mau belajar Linux tanpa harus mengorbankan segalanya, pake aja software virtualisasi seperti VMware atauu Virtualbox, kita bisa install OS di atas OS. Ini bukan barang baru, jadi jangan banyak cing-cong, langsung aja install distro Linux kesayanganmu di atas Windows yang paling dibenci, kemudian opreklah sepuasnya. Bisa mulai belajar commandnya, administrasi linux, programming, database, jaringan, dan lain-lain. Ga tau cara installnya? Bila ada pertanyaan silakan tanya om gugel dia ready 24 jam.

Btw, tulisan ini sebenarnya untuk saya sendiri yang selalu hilang semangat belajar. Ayo belajar!!!

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.