Cara supaya Menghemat Batere Smartphone

Sedih banget ga sih? Baru di-charge full, dipake sebentar, eh batere Smartphone dah tinggal setengah. Buat maen Angry Birds untuk ngilangin bosen pasti abis. Saya sudah sering kejadian seperti ini. Samrtphone Android kebanyakannya boros batere. iPhone kalo makenya sembarangan juga bisa boros batere. Hehehe, jadi harus tau tips dan trik biar batere nya bisa tahan seharian sampe malam.

Sebenarnya saya ga tau tepatnya kata baku untuk kata ini battery. Kayanya sih “baterai” ya, tapi kok ga nyaman dipake. Makanya saya pake kata batere, dan bukan juga batre, karena malah aneh. Hehehe.

Oke, ini tipsnya:

Set Display brightness jangan terlalu terang. Untuk saya, separuh aja cukup. Kekurangannya di beberapa smartphone kadang jadi ga terlihat displaynya kalau di bawah terik matahari.

Kalau ada, gunakan Wifi daripada 3G untuk koneksi Internet. Apalagi kalo lagi download apps yang gede. Selain itu 3G malah lebih nguras batere. Kalo ga ada Wifi, untuk Android, saya malah set selalu gunakan 2G dibanding 3G, itu juga terasa lebih menghemat batere. Simpan setting Wifi rumah dan kantor, jadi pas sampe kantor/rumah langsung otomatis pake Wifi.

Gunakan GPS/Location Service untuk Apps yang diperlukan saja. Di iPhone kita dapat menentukan Apps apa saya yang diperbolehkan pake Location Service. Set enable untuk Apps yang benar-benar memerlukan GPS, selain itu disabled.

Matikan Apps di multitasking yang tidak lagi dipakai. Jangan biarkan aplikasi nganggur jalan di multitasking. Matikan dengan menggunakan Task manager atau taskkiller untuk mengatur aplikasi yang berjalan. Atau di multitasking queue kalau di iPhone.

Disable push email. Pilih tarik email secara regular misalnya per 30 menit. Kekurangannya tidak langsung dapat email, tapi setiap 30 menit akan ngecek apa ada email di inbox.

Untuk Android, gunakan widget secukupnya, seperlunya. KadangĀ  widget-widget itu diam-diam selalu berhubung ke Internet dan itu jadi biang pemborosan batere dan pemborosan paket data.

Untuk iPhone, hindari Wifi sync iTunes. Gunakan kabel data untuk sync ke iTunes, itu lebih cepat, dan tidak boros batere, karena dia juga akan nge-charge.

Tambahan, cek sinyal operator kamu. Kalo sering hilang sinyal, kemudian muncul lagi dan berulang-ulang. Itu juga memungkinkan penyebab borosnya batere. Ini tips dari teman yang kebetulan mengalami sendiri.

Menurut saya, dengan tips di atas sudah cukup untuk menghemat batere. Tapi pemakaian sehari-hari kadang berbeda-beda. Biasanya weekend sering jalan-jalan, dan pemakaian kadang malah jadi berlebihan. Saya beli beberapa kabel data/charger tambahan, satu untuk di rumah, satu untuk di bawa-bawa. Bahkan kalo perlu beli charger untuk di mobil. Hehehe… Dan kalo ada tips tambahan silakan post. Selamat berhemat batere.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.